Kamis, 16 Oktober 2008

AMAL JAMA'I

Sahabat sekalian , terkadang dalam hidup ini kita merasa sendiri dan adakalanya kita memiliki banyak teman. Segala sesuatunya pasti akan mengalami pergiliran, apapun itu. Entah itu sedih bahgia, hidup mati, kalah menang dsb merupakan keniscayaan yang tak dapat kita lawan. Kita takkan mampu menandingi kekuatan Sang Penguasa Jagad ini.


Dalam kehidupan sehari- hari setiap insan butuh apa yang namanya kelompok (dalam bahasa kerennya : jamaah ). Allah Ta'ala telah memberi manusia sebuah naluri untuk mempertahankan diri baik dari ancaman, ketakutan , kesepian dll. Sehingga muncul sebuah usaha untuk membuat kelompok atau komunitas. Karena dalam sebuah komunitas ada proses penjagaan disana. Ketika seseorang telah merasa memiliki kelompoknya, maka perasaan takut yang dulu pernah hinggap kini sedikit demi sedikit menjadi sirna. Inilah salah satu kekuatan dari berjamaah - memberikan rasa aman.
Dalam konteks keislaman kita kenal apa yang disebut amal jama'i yaitu saling bekerjasama demi menjaga eksistensi jamaah dan memiliki suatu tujuan yang hendak dicapai. Dalam amal jama'i dibutuhkan keyakinan yang kuat bahwa jamaah tersebut berada pada jalan yang benar dan bisa menjaga kita agar tetap berada pada jalan yang lurus. Karena jika kita sudah tidak percaya terhadap jamaah maka tidak ada guna lagi berada dalam jamaah.
Dalam sebuah hadits dinyatakan bahwa srigala hanya akan menerkam domba yang sendirian . Juga perkataan dari sahabat Ali bahwa kekeruhan dalam jamaah lebih baik daripada kejernihan kala sendirian. Dan banyak dalil lainnya yang menyatakan tentang pentingnya mengikatkan diri dalam jamaah.
Nah sekarang yang menjadi persoalan adalah jamaah seperti apa yang perlu kita ikuti karena sekarang banyak sekali jamaah yang beterbangan di dunia. Sebagai seorang muslim wajib bagi kita untuk menjadikan al Quran dan sunnah sebagai pedoman / tolok ukur bagi benar tidaknya sebuah jamaah. Jika sesuai maka jamaah tersebut baik dan sebaliknya jika menyimpang maka sudah seharusnya kita menghindar.
Sahabat sekalian, sudah seharusnya umat islam bersatu , saling bekerjasama dalam membangun peradaban yang rahmatan lil 'alamin. Inti dari kebangkitan islam adalah dengan ber-amal jama'I , tanpa itu maka kebangkitan islam yang kedua kalinya hanya akan menjadi angan- angan kosong. Betapa banyak tugas- tugas seberat apapun itu ketika kita mau bergabung dengan jamaah / beramal jama'I maka akan terasa ringan dan mudah. Kini sudah saatnya kita umat islam saling berpegangan erat untuk tetap berada dalam jamaah, karena dengan berjamaah kita bisa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan memberikan komentar anda yang sangat bermanfaat bagi umat